Monday, October 3, 2011

Nasi Jamblang

Kalau jalan-jalan ke Cirebon jangan lupa untuk makan makanan khas Cirebon, Sega Jamblang namanya. Sega Jamblang (Nasi Jamblang) adalah makanan khas Cirebon, Jawa Barat. Nama Jamblang diambil dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon. Ciri khas makanan ini adalah dengan menggunakan daun Jati sebagai bungkus nasi (katanya biar nasi tidak cepat basi). Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan.

Sega Jamblang dengan menu Semur Hati, Sambal Goreng dan Tahu Kuah

Menu yang tersedia seperti tahu kuah, oncom (tempe) goreng, sambal goreng, paru-paru, semur hati atau daging, perkedel, blakutak, sate kentang, telur dadar/telur goreng, ikan asin, dan tahu goreng. Keberadaan Sega Jamblang sebagai makanan khas Cirebon, tentunya tidak bisa dilepaskan dari sosok salah satu pedagangnya yang cukup tersohor, yaitu MANG DUL. Nasi Jamblang Mang Dul cukup dikenal oleh masyarakat Cirebon.

Penyajian Sega Jamblang




Sentra makanan Sega jamblang di Kota Cirebon saat ini terletak di wilayah Gunung Sari, sekitar Grage Mall. Warung ini tidak pernah tutup alias buka 24 jam. Walaupun menunya sangat beraneka ragam, namun harga makanan ini relatif sangat murah. Karena pada awalnya makanan tersebut diperuntukan bagi untuk para pekerja buruh kasar di Pelabuhan dan kuli angkut di jalan Pekalipan. Tapi sekarang sudah makanan ini sudah menjadi makanan tren Kota Cirebon.

Suasana Sega Jamblang Mang Dul dan beginilah cara menikmatinya